background blog

Jumat, 17 September 2010

Fashion Brand History

Sejarah perancang busana legendaris yang terkenal di dunia

Orang tahu kalau ada banyak fashion brand yang terkenal karena fashion items-nya yang keren.
Nah, pada tahu nggak kalau ternyata dibalik nama brand fashion itu, ada perancang aslinya yang dulu berjuang untuk membuat brand-nya terkenal. Ini beberapa tokohnya!

Yves Saint Laurent
Perancang asal Perancis yang punya nama lengkap Yves Hendri Donat Mathieu-Saint-Laurent ini hasil rancangannya terkenal sampai ke Indonesia. Yup, cowok yang udah pernah merasakan kejamnya Perang Dunia ke II ini berasal dari keluarga yang nggak sembarangan alias terpandang di Peransic (Socialite Perancis pada masanya). Yves pernah bilang, lewat media, bahwa suatu hari dia bakal dikenal semua orang. Apa yang dia bilang nggak main-main. Ini terbukti waktu diperbolehkan orang tuanya bereksperimen untuk membuat kostum sebuah pementasan drama. Dan dari sanalah dia tertarik, lalu terjun ke dunia fashion. Tahun 1953 ikutan kontes buat para desainer muda yang diadakan oleh International Wool Secretariat, jadi juara 3 sekaligus diundang ke beberapa acara fashion. Sempat bekerja di House of Dior dan jadi head designer saat berumur 21 tahun. Setelah itu memutuskan membuka brand sendiri bareng partner-nya, Pierre Berge. Gaya fashion yang paling terkenal pada zamanya adalah beatnik, which is mengambil inspirasi dari baju seniman yang bermotif garis-garis dan topi baret. Yves selalu menampilkan hasil rancangan yang menarik dan jadi incaran para fashonista dan selebriti. Perancang dunia ini meninggal 1 Juni 2008 karena kanker otak. Sekarang perusahaan YSL (singkatan dari Yves Saint Laurent) diteruskan oleh Stefalo Pilati yang dulu creative director-nya YSL. Sampai sekarang YSL terus mengeluarkan koleksi terbarunya.

 


Gianni Versace
Kamu tahu kan logo fashion brand yang kayak kepala medusa? Yup, brand itu founder-nya adalah Gianni Versace. Perancang asal Italia ini dari kecil udah hidup di keluarga yang bisa menjahit baju. Gianni juga pernah membantu ibunya menjahit untuk menghidupi keluarganya. Itu dilakukan Gianni bersama kakak tertuanya dan adik-adiknya (termasuk Donatella Versace). Di umur 26 mulai serius di bidang fashion designer dan memutuskan pergi ke Milan. Di tahun 1970-an waktu membuat baju hasil rajutannya, dapat perhatian dari butik Genny and Callghan dan memintanya untuk merancang sebuah baju dari bahan kulit. Rancangan Gianni tekenal paling berani karena selalu merancang baju yang sexy dan elegan. Selain itu juga pernah kerja bareng perancang Giorgio Armani yang juga dari Italia. Tahun 1978, Gianni memutuskan membuka brand sendiri dan butik pertama dibuka di Milan. Dari masa ke masa rancangannya diakui di seluruh dunia sebagai rancangan yang unik. Sampai sekarang ada beberapa butik dari Versace kayak VERSUS, Gianni Versace Couture, Versace Classic V2, dan lainya. Hasil rancangannya terinspirasi Andy Warhol, baju kaisar Roma, dan zaman Yunani kuno. Tahun 1997, Gianni meninggal karena dibunuh di mansion-nya di Miami, Amerika. Ditembak oleh Andrew Cunanan, yang sampai sekarang motifnya nggak jelas. Sekarang perusahaan Versace dipegang kakak tertuanya, Santo Versace, dan head of designer-nya dipegang adiknya, Donatella Versace. Kini hasil rancangan perusahaan Versace (yang terbaru dan update) muncul di setiap acara fashion week di Milan, Paris, dan New York.



Coco Chanel
Logo double C yang saling terbalik udah diakui punya taste yang elegan dan eksklusif di setiap desainya. Penciptanya cewek Perancis yang bernama asli Gabrielle Bonheur Chanel ini dikenal sebagai pencetus modern fashion pada awal abad 20. Mulanya Coco tinggal di panti asuhan karena ayahnya yang miskin harus bekerja menghidupi keluarga. Coco harus bertahan di panti asuhan even nggak betah dan selalu kangen keluarga. Selama di panti asuhan, Coco belajar mejahit layaknya cewek pada zaman itu. Kesukaanya di dunia fashion dimulai saat dia mulai bisa menjahit. Pada umur 18 tahun memutuskan keluar dari panti asuhan dan bekerja di tempat penjahit kecil. Dan bakat mendesain udah kelihatan, Coco mulai mendesain topi sebagai hobi. Coco nggak begitu suka dengan gaya baju pada zamannya. Dia selalu berpakaian yang lebih menarik dan kebanyakan cewek mengganggapnya aneh. Tapi kemudian nggak lama dibilang aneh, karena Coco langsung dikenal dengan besar bulunya. Nggak disangka topi 'statement'-nya itu disukai dan jadi new hype of fashion. Tahun 1910 butik pertama dibuka di apartementnya. Coco juga mendesain beberapa baju kayak korset, dress, dan lainnya. Desainya menunjukkan kalau Coco pengen banget cewek tu merasa bebas dengan tubunya untuk memakai baju yang modern. Selain itu Coco membuat parfum pertama yang dikasih nama Chanel No. 5 di tahun 1921. Pada tahun 1971 Coco meninggal karena serangan jantung di usia 87 tahun. Sekarang perusahaannya dikepalai oleh Alain Wertheimer yang menjabat dari tahun 1974.



Carolina Herrera
Ini fashion designer yang sekarang dinobatkan sebagai icon kecantikan baut semua cewek di dunia. Yup, Carolina Herrera terkenal dengan parfumnya yang berlabel 212 by Carolina Herrera. Cewek yang punya nama lengkap Maria Carolina Josefina Pacanins y Nino ini dari kecil memang hobi banget me-make over dirinya sendiri. Sampai akhirnya memutuskan membuat perusahaan di bidang fashion setelah menikah dengan editor majalah Vanity Fair, Reinaldo Herrera Guevara. Awalnya Carolina mendesain baju khusus cewek yang mengikuti fashion hype di tahun 1980-an. Setelah itu fokus membuat parfum, karena dulu pernah bekerja di laboratorium penelitian juga kuliah jurusan kimia. Dari situ menciptakan parfum yang sampai sekarang terkenal dengan nama 212 by Carolina Herrera. Sejak dipasarkan tahun 1998, semua rangkaian aroma parfum ini jadi banyak dan nggak cuma buat cewek aja, tapi cowok  juga bisa menikmati. Nama clothing line-nya juga diganti menjadi CH yang merupakan inisial nama. Well, she's the real icon of beauty. Buktinya, di umur yang udah separuh baya masih terlihat awet muda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar