background blog

Selasa, 31 Agustus 2010

A Month 4 aLive

Haaayyyy.....gimana puasa kamu? Semoga lancar sampai detik ini ya...Eh, percaya nggak sih kalau puasa yang kamu jalani sebulan penuh nanti bakal membawa perubahan dalam hidupmu? Hmmm.... kalau ada yang jawab nggak percaya, terus ngapain kamu masih puasa sampai hari ini??

Puasa Buat Lebaran


Benar sih, kalau ada yang menjawab pertanyaan ngapain kamu puasa, ya biar bisa Lebaran. Paling nggak jawaban itu lebih baik daripada yang maunya Lebaran aja tapi nggak mau puasa. He...he... At least yang bisa menjawab pertanyaan simpel tadi dengan jawaban yang juga simpel itu, berarti dia ngerti kalau biar afdol Lebaran-nya, ya harus puasa dulu. Secara nggak langsung berarti dia tahu, kalau menyucikan diri dan hati itu wajib hukumnya biar bisa 'ketemu' sama yang namanya kefitrahan Lebaran. Karena selain menahan lapar, dan haus, yang kemarin puasa, juga wajib menahan semua jenis nafsu. Nah.... tapi kalau boleh aku bilang, nggak cuma itu aja lho essensi bersusah payah puasa. Harusnya ada resolusi yang kamu dapat buat hidup, nggak cuma sebatas Lebaran aja.

Pribadi Penuh Maaf



Inilah saatnya buat yang benar-benar pengen berubah jadi lebih baik. Kalau kamu selama ini menunggu momen yang pas untuk berubah, it's your time! Mulailah belajar jadi pribadi yang penuh maaf, dan mengurangi kemungkinan berbuat salah sama orang lain. We all have to know that forgive is easier than forget, jadi apa yang bikin kamu susah jadi seseorang yang gampang memaafkan? Apalagi lucu juga kali kalau di momen Lebaran kamu udah saling bermaafan, tapi setelah itu bikin salah lagi. Buat yang merasa bersalah sama diri sendiri, please forgive yourself.

Back To Fitri


Yang namanya Fitri, pasti tahu deh arti dari nama itu. He....he....yap, suci! Nggak cuma katanya aja nih, karena puasa sebulan penuh sebenarnya punya makna membersihkan diri dan hati, which is back to fitri. Yang tadinya doyan ngembat jajan punya adik tanpa izin, harusnya setelah puasa udah nggak doyan lagi makan makanan yang bukan haknya -mengambil makanan adik atau teman tanpa izin tuh termasuk mencuri lho.... Kan badannya udah disucikan pas puasa, masa iya sih yang udah susah-susah disucikan mau dikotori lagi? Dan hatinya, usahakan kalau kamu memang udah mengerti puasa itu buat mensucikan diri, abis puasa lewat, jangan ladi ada dendam atau benci sama siapapun. Kalau ada teman yang pernah bikin salah, ya udah.....diikhlasin aja nggak usah dibawa dendam. Sebaliknya, jangan sampai ada yang kelupaan minta maaf sama teman yang kemarin sempat berantem ya....

Jaga Mulut


Bukan berarti kamu dilarang ngomong lho... Artinya, Lebaran ini kamu harus punya resolusi untuk jadi cewek yang bisa dipercaya, baik janji ataupun perilakunya. Jangan suka bohong lagi ya....meski dalihnya cuma bohong kecil, tapi kan tetap aja statusnya bohong. Jadi....be a nice girl yang bisa dipegang janjinya, dan bicara jujur apa adanya, dengan segala sopan santunnya.

Jaga Sikap


Nah.....kalau badan dan hati udah dibersihin, gimana kalau sikapnya juga dijaga. Dikurangi tuh hobinya melakukan hal-hal negatif. Apa aja tuh? Ngomongin kejelekan orang salah satunya. Eh, logikanya ya, yang jelek-jelek tuh nggak usah diomongin lagi. Nggak kasihan kalau sesuatu yang jelek masih aja dijelek-jelekan? Jadi, janji ya mulai sekarang nggak bakal ngomongin teman lagi, bergosip nggak jelas, ngerjain guru, nyontek pas ujian, atau ngacir gitu aja abis makan di kantin.

Berempati


Bulan puasa juga mengajarkan kita untuk lebih peka pasa sesama yang kurang beruntung. Weits....kebiasaan baik itu jangan ditinggalkan meski bulannya udah ganti. Teruslah berempati sama mereka yang lebih membutuhkan uluran tangan kita. Jangan lagi pura-pura nggak lihat kalau ada nenek-nenek minta sedikit sedekah dari kamu ya....Lebih pekalah sama sekitarmu. Niat tulus bersedekah juga jangan lagi dinodai sama prasangka atau pertanyaan apakah orang yang kamu beri itu memang berhak menerima pemberianmu. Eh, kalau niatnya mau sedekah, sedekah aja. Memberilah tanpa prasangka!

Pikiran Bersih


Selesai puasanya, bukan berarti selesai juga lho perilaku kamu menjaga kebersihan pikiran. Apa yang udah baik, dijaga biar tetap baik, pikiran jelek yang terlintas dijaga biar nggak ngelantur kemana-mana. Jangan suka berpikiran negatif. Coba dibiasakan memandang segala sesuatu dari sisi positifnya. Kalau orang bilang, ambil hikmahnya aja.

Dijaga Ibadahnya



Yang tadinya bulan puasa rajin banget ibadahnya, selesai bulannya jadi balik lagi ke kebiasaan ’kalau ingat aja’-nya. Jangan ya.... Dijaga terus tuh kebiasaan rajin ibadahnya. Kalau perlu sih justru ditambah. Coba diingat, kewajiban apa yang belum sempat dikerjakan? Jadikan itu sebagai kebiasaan. Mulai dari hal kecil aja, deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar